Belajar Gitar Untuk Pemula Jadi Mahir


Tips Belajar Gitar Untuk Pemula Jadi Mahir - Gitar adalah salah satu alat musik instrumen yang paling banyak dimainkan. Hal ini karena gitar bisa kita dapatkan dengan mudah, di tongkrongan kita bisa mendapatkan gitar, di rumah teman ada gitar atau mungkin di rumah anda sendiri ada juga gitar. Nah mungkin dengan keadaan seperti itu anda ingin mulai belajar bagaimana sih cara agar bisa main gitar. Untuk bisa mahir main gitar tentu saja ada langkah-langkah yang harus dilalui, mana mungkin orang yang baru saja megang gitar bisa langsung jadi mahir. Nah bagi anda yang ingin belajar main gitar, tenang saja karena di bawah ini sudah saya sajikan beberapa tips Belajar Gitar Untuk Pemula yang bisa anda praktikan.

Mengenal Bagian - bagian Gitar

Gitar akustik menjadi salah satu jenis gitar yang kebanyakan digunakan orang-orang untuk belajar bermain gitar. Gitar akustik juga adalah salah satu alat musik yang bisa kita temukan dengan mudah. Nah sebelum anda mulai bermain gitar akustik ini, ada baiknya anda mengetahui bagian-bagian dari gitar akustik. Masak iya sih kita bisa memainkan alat musik tapi ngga tahu bagian-bagian anatomi dari alat musik yang kita mainkan tersebut. Nah untuk itu dibawah ini sudah saya tuliskan Bagian Gitar Akustik Beserta Fungsinya yang mungkin bermanfaat sebagai awal dalam mempelajari gitar.

Belajar Gitar Untuk Pemula

1. Kepala Gitar

Sama seperti mahluk hidup, gitar akustik juga memiliki kepala loh. Nah jika kepala manusia ini terdapat mata, mulut hidung dan sebagainya. Pada gitar akustik, bagian kepala ini merupakan tempat dari tunner dan juga nut. Apa itu tunner dan nut? nah untuk tunner dan nut akan saya bahas lebih lanjut dibawah.

2. Nut

Nut merupakan tempat penyangga senar gitar. Fungsi dari nut ini adalah untuk membuat suara gitar menjadi lebih nyaring dan merdu. Nah jika gitar akustik tidak memiliki nut, tentu saja suara gitar tidak akan terasa nyaring. Hampir semua gitar akustik dari berbagai merk ini memiliki warna putih. Selain itu fungsi dari nutt adalah sebagai tempat penyangga senar gitar.

3. Tuner

Tuner merupakan putaran pada gitar yang terdapat pada kepala gitar. nah fungsi dari tuner di gitar adalah sebagai pengatur kencang kendurnya senar gitar. Saat anda nyetem gitar, yang anda putar-putar itulah yang namanya tuner.

4. Fret

Fret merupakan garis melintang yang terdapat pada gitar akustik. Fret di gitar ini berjumlah 19, fungsi dari fret ini sendiri adalah menentukan nada di setiap senar. Saat anda menekan fret satu dengan fret lainnya tentu saja suara yang dihasilkan juga akan berbeda. Oleh karena itu fungsi dari fret pada gitar akustik ini sangat penting.

5. Leher Gitar

Saat kita memegang gitar, leher gitar ini berada di bagian tangan kiri kita. Dalam memilih gitar, sebaiknya anda pilihlah gitar dengan leher yang lurus sempurna. Jika leher gitar anda lurus sempurna maka suara dan juga proses memainkan gitar tersebut pasti akan lebih mudah. Nah jika gitar yang anda miliki ini sudah melengkung lehernya, maka sudah bisa dipastikan jika gitar tersebut memiliki kualitas yang tidak bagus.

6. Tubuh Gitar

Tubuh atau badan gitar ini merupakan bagian gitar akustik yang paling menonjol. Karena ukuran dari badan gitar ini paling tidak 80% sendiri dari keseluruhan bagian gitar. Bentuk dari badan gitar ini biasnaya simbol dari para pemegang hak cipta gitar. Bentuk badan gitar ini juga sangat beragam.

7. Bridge

Bridge terdapat pada badan gitar. Fungsi dari bridge ini sendiri adalah tempat untuk mengaitkan senar gitar dengan tuner. Di bagian bridge ini ada bantalan saddle untuk tempat mengaitkan senar tersebut.

8. Soundboard

Soundboard merupakan kotak suara di gitar yang memiliki bentuk semacam tabung. Fungsi dari soundboard ini adalah untuk menghasilkan suara dari senar gitar menjadi lebih keras.

9. Lubang Gitar

Lubang pada gitar ini memiliki fungsi sebagai akses soundboard. Getaran yang dihasilkan oleh senar ini akan muncul melalui lubang gitar ini.

10. Senar Gitar

Pasti anda sudah tahu bagian yang satu ini. Yup, senar pada gitar berfungsi untuk menghasilkan nada-nada. Senar pada gitar ini berjumlah 6 dan masing-masing memiliki ketebalan dan juga nada yang berbeda.

Belajar Nyetem Gitar

Nyetem adalah aktivitas yang dilakukan untuk menyesuaikan senar gitar supaya bisa menghasilkan suara yang merdu. Nah setelah sudah mengetahui bagian dari gitar akustiik dan sebelum anda mulai belajar bermain gitar, sebaiknya anda belajar dulu nyetem gitar. Karena pastinya tidak ada gitar yang langsung mengeluarkan suara yang pas dan merdu saat dipetik, tentu saja harus distem dulu supaya bisa menghasilkan suara yang merdu. Anda harus mengetahui nama-nama senar yang ada di gitar, mulai dari yang paling atas hingga yang paling bawah. Untuk urutan standar nama senar dari yang paling atas ke yang paling bawah adalah E,A,D,G,B,E. Selanjutnya anda atur tuner atau putaran senar di kepala gitar. Putar hingga senar menghasilkan suara yang merdu.

Belajar Nyetem Gitar dari Tuner
Setelah terbiasa, orang yang ingin menyetem gitar sudah dapat menggunakan feelingnya. Tapi sebagai pemula, anda bisa menggunakan tool-tool untuk membantu dalam nyetem gitar. Salah satunya bisa menggunakan Tuner Nyetem Gitar ini.



Belajar Kunci Dasar Gitar

Setelah kita berhasil nyetem gitar, selanjutnya kita harus mengetahui kunci dasar dari gitar. Paling tidak anda harus mengetahui kunci G,C,Em,E,D,Dm,Bm,B,Am,A. Ini adalah beberapa kunci gitar paling dasar. Dengan kunci tersebut, anda sudah dapat memainkan banyak lagu. Setiap kunci-kunci tersebut tentu saja memiliki cara sendiri bagaimana memainkannya. Setiap kunci juga memiliki posisi tangan yang berbeda-beda jadi anda harus menghafal atau mengetahui posisi jari anda dari masing-masing kunci dasar tersebut.

Berikut ini Gambar Diagram/Chord Gitar yang bisa anda pelajari sebagi pemula. Angka pada lingkaran adalah posisi jari anda.
  • 1 = Jari Telunjuk
  • 2 = Jari Tengah
  • 3 = Jari Manis
  • 4 = Jari Kelingking
  • x = Tidak Dibunyikan
  • o = Open String
Kunci Gitar G Kunci Gitar C Kunci Gitar Em Kunci Gitar E Kunci Gitar D Kunci Gitar Dm Kunci Gitar B Kunci Gitar Bm Kunci Gitar Am Kunci Gitar A

Belajar Perpindahan Kunci

Dalam bermain gitar tentu saja setiap lagu tidak hanya memiliki 1 kunci saja, pastinya terdiri dari paling tidak 3 sampai 4 kunci. Nah untuk itu anda harus belajar perpindahan jari anda dari setiap kunci tersebut. Ini adalah bagian tersulit dari tips Belajar Gitar Untuk Pemula. Karena jika masih awam pastinya akan sulit untuk berhasil melakukan perpindahan kunci tersebut. Mungkin saat anda mempraktikan tips yang ini, jari anda mengalami luka-luka karena tidak terbiasa bergesekan dengan senar-senar gitar. Pelajari cara perpindahan kunci secara terus menerus.

Belajar Memainkan 1 Lagu Full Dengan Kunci Sederhana

Jika sudah berhasil melakukan perpindahan-perpindahan kunci gitar, selanjutnya anda coba untuk belajar memainkan 1 lagu full dengan gitar. Sebaiknya anda pilih lagu dengan kunci gitar yang sederhana saja. Ada banyak lagu yang bisa anda jadikan latihan bermain gitar. Untuk membuat anda semakin bersemangat dalam belajar memainkan gitar, anda bisa memilih 1 buah lagu favorit anda untuk dimainkan. Dalam memaikan 1 lagu full ini jangan hanya berhenti sekali, jika sudah berhasil anda bisa mengulang ulang memainkan 1 lagu ini sampai benar-benar anda hafal diluar kepala bagaimana cara memainkan lagu tersebut dengan menggunakan gitar.
Sebagai saran, anda bisa mencoba Lagu dari Sheila On 7 dengan Judul Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki. Lagu ini adalah salah satu lagu gampang yang hanya memiliki 2 kunci saja (Kunci No 1 dan 4).

Nah itulah beberapa tips Bermain Gitar Untuk Pemula yang bisa anda coba. Dengan mempraktikan beberapa tips yang sudah saya tuliskan diatas semoga bisa membantu anda dalam proses belajar bermain gitar. Kunci dari belajar bermain gitar ini adalah kesabaran, jangan gampang putus asa. Memang jika baru pertama kali akan terasa sulit.

No comments for "Belajar Gitar Untuk Pemula Jadi Mahir"

Berlangganan via Email