Hambatan Yang Sering Terjadi Dalam Belajar Gitar

Kesalahan dalam Belajar Gitar
Kesalahan dan Hambatan yang Sering Terjadi Dalam Belajar Gitar - Setelah kemarin saya sudah membahas tentang tips-tips yang bisa kita lakukan dalam belajar bermain gitar, nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi lainnya yang masih berhubungan dengan gitar nih. Dalam belajar memainkan gitar tentu saja saat pertama kali terkadang kita melakukan kesahalan yang tidak kita sadari, kesalahan tersebut tanpa kita sadari malah menghambat proses belajar bermain gitar kita. Nah apa saja sih Hambatan yang sering terjadi dalam Belajar Gitar? Langsung saja anda simak ulasan saya di bawah ini.

Tidak Sabaran

Kesalahan yang sering terjadi pada orang yang sedang dalam tahap belajar bermain gitar adalah tidak sabaran, kebanyakan dari kita ingin langsung terlihat jago dengan belajar memainkan lagu-lagu yang memiliki level sulit. Lagu dengan tingkat level yang sulit adalah lagu dengan ciri-ciri seperti ini :
  • Memiliki banyak variasi Tipe Kunci/Chord (aug, dim, sus, mM7, add, dan lain-lain)
  • Perpindahan kunci dengan cepat
  • Lagu dengan Modulasi Chord/Kunci yang baru
Nah untuk itu bagi anda yang sedang tahap belajar bermain gitar, sebaiknya anda pilih dulu lagu yang memiliki level mudah terlebih dahulu. Bagi anda yang kesulitan dalam menemukan rekomendasi lagu yang memiliki level rendah, anda bisa mencari di kumpulan kunci gitar chordfylan.

Tidak Mempunyai Motivasi

Kunci dari sebuah kesuksesan seorang dalam belajar adalah motivasi, termasuk juga dalam proses belajar bermain gitar. Kebanyakan dari orang yang belajar bermain gitar tidak memiliki motivasi yang kuat sehingga salah sedikit langsung berhenti, susah sedikit langsung malas belajar. Nah untuk itu anda harus memiliki motivasi yang kuat untuk bisa bermain gitar.
Motivasi tersebut bisa anda dapatkan dengan mengidolakan seseorang gitaris, jadi anda akan berfikiran "Wah aku harus seperti dia". Dengan begitu anda akan terus semangat belajar bermain gitar. Selain itu, dapat memainkan lagu untuk Pacar/Gebetan pun juga bisa gunakan sebagai motivasi untuk terus belajar gitar.

Mudah Emosi

Hambatan yang sering terjadi dalam belajar gitar berikutnya adalah kebanyakan dari kita yang sedang tahap belajar bermain gitar gampang emosian. Misalnya saja saat kita sedang belajar memainkan lagu, tapi tiba-tiba di tengah lagu tersebut kita salah memainkan kunci gitar dan tiba-tiba kita emosi. Emosi tersebut bisa saja membuat anda mulai malas untuk mencobannya kembali, bahkan bisa-bisa jika anda mudah emosi dalam belajar bermain gitar ini akan berdampak kepada gitar anda, jangan sampai anda membanting gitar karena emosi yang tidak terkontrol tersebut.

Malas Belajar Kunci

Kunci dalam gitar termasuk ke dalam komponen yang sangat penting. Kunci pada gitar ini adalah 3 nada atau lebih yang kita bunyikan secara bersamaan. Dalam proses belajar bermain gitar kebanyakan dari kita ini malas dalam mempelajari kunci-kunci gitar. Solusinya adalah anda bisa mempelajari kunci gitar yang mudah terlebih dahulu, baru kemudian naik ke level kunci yang susah.

Ada banyak tipe kunci gitar yang dapat dipelajari, yang kompleks seperti : dim (diminished), aug (augmented), sus (suspended). Tapi sebagai seorang pemula, anda dapat belajar kunci-kunci yang mudah dulu seperti Major dan Minor. Rumus formula yang dapat anda pakai dalam belajar kunci dasar adalah sebagai berikut :
I – IIm – IIIm – IV – V – VIm – VIIm

Apa artinya? Formula tersebut adalah keluarga kunci dasar. Dalam Contoh kita mengambil “C” sebagai nada dasar/ Nada ke-1. Berarti keluarga kunci dasaranya adalah :
C – Dm – Em – F – G – Am – Bm
Kunci Gitar C Kunci Gitar Dm Kunci Gitar Em Kunci Gitar F Kunci Gitar G Kunci Gitar Am Kunci Gitar Bm

Untuk kunci/chord mayornya berada pada kunci ke 1, 4 dan 5 sedangakan sisanya adalah kunci/chord minor. Kebanyakan lagu-lagu yang ada dibuat dengan kunci-kunci dasar tersebut. Jadi dengan belajar rumus tersebut anda sudah dapat memainkan banyak lagu.

Tidak Memiliki Gitar

Kesalahan terakhir yang sering terjadi dalam proses belajar bermain gitar adalah kita sendiri yang tidak memiliki gitar. Hal ini memang terkesan lucu, bagaimana kita bisa menguasai suatu hal jika kita tidak memliki hal tersebut? memang sih gitar sendiri bisa kita dapatkan dengan meminjam ke teman, atau datang ke tongkrongan. Namun tentu saja waktu belajar gitar kita tersebut tidak akan optimal. Untuk itu sebaiknya anda miliki dulu sebuah gitar yang baru, dengan begitu anda bisa belajar bermain gitar kapan saja dan dimana saja karena anda sendiri sudah memiliki gitar tersebut.

Nah itulah beberapa kesalahan yang sering terjadi dan dapat menghambat kita dalam belajar gitar. Sebaiknya anda hindari lah kesalahan-kesalahan yang sudah saya tuliskan diatas, harapannya supaya proses belajar bermain gitar anda akan lancar dan tidak sia-sia. Semoga bermanfaat.

No comments for "Hambatan Yang Sering Terjadi Dalam Belajar Gitar"